1.Minyak lumas sebagai pendingin mesin
2.Minyak lumas sebagai pelumasan pada bagian - bagian mesin yang bergerak
3.Minyak lumas untuk melumasi cylinder liner
1.Minyak lumas sebagai pendingin
*Berfungsi untuk mengambil panas pada bagian-bagian mesin yang menerima panas tinggi dan tidak memungkinkan panas tersebut diambil oleh media pendingin lain
Tempat-tempat yang banyak menerima panas pada bagian mesin adalah
-Dinding pada bagian atas piston (piston crown)
-Dinding bagian dalam kepala cylinder (cylinder head)
-Dinding cylinder liner yang sering dilewati oleh pergerakan piston (cylinder liner)
Dari ketiga bagian diatas yang bisa diambil panasnya oleh air tawar hanya bagian cylinder head dan cylinder liner,piston crown hanya bisa panas nya oleh aliran minyak lumas. Tapi buat mesin produksi di bawah tahun 1977 masih ada ditemukan piston crown didinginkan pakai air tawar.
Banyaknya panas yang bisa diambil atau di serap oleh minyak lumas tergantuk dari:
Q = m. c. 𝚫T.
m: massa minyak lumas yang mengalir setiap detiknya. (kg/sec)
c : panas jenis dari minyak lumas.(1.67 kJ/kg.K)
𝚫T : Perubahan suhu minyak lumas sesudah dan sebelum menyerap panas.(K)
Sebagai panduan kami contohkan temperatur minyak lumas keluar masuk pada sebuah mesin
Lube oil upstream of engine/upstream of turbocharger . . . 65, max. 70 5०C
Lube oil downstream of engine (at full load) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 78 ०C
Lube oil downstream of turbocharger (at full load) . . . . . . . . . max. 105 ०C
Lube oil preheating . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . >_40 ०C
Contoh pendinginan keluar masuk piston crown
Contoh cylinder head,ruangan yang dikelilingi warna merah disitulah air pendingin mengalir
Contoh diatas menunjukan posisi pendinginan cylinder liner pada sebuah mesin (cooling water space)
Apabila terjadi kekurangan atau tanpa pendinginan maka kemungkinan besar akan terjadi sebagai berikut :
– Terjadi pengembangan bahan karena panas yang tinggi.
– Kerusakan bahan karena beban panas.
• Terjadi perubahan bentuk/struktur bahan.
• Bahan mencapai titik kelelahan lebih cepat.
untuk pelumasan pelumasan pada bagian yang bergerak akan di bahas lain waktu .....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar